Rechercher dans ce blog

Wednesday, February 22, 2023

Festival Buah Batang, Pamerkan 28 Jenis Durian Lokal - RADAR SEMARANG

RADARSEMARANG.ID, Batang – Pemerintah Kabupaten Batang menggelar festival buah untuk kali pertama. Kegiatan ini untuk mengangkat potensi buah varietas lokal. Seperti durian. Ada 28 jenis durian lokal yang dipamerkan dalam festival tersebut. Puluhan jenis buah terdisplay rapi di pendopo kabupaten, Rabu (22/2).

Festival tersebut disambut antusias oleh para petani. Sebanyak 20 stan disiapkan untuk kelompok tani dan pelaku UMKM. Pesertanya adalah para petani buah dan petani milenial. Warga Kabupaten Batang pun terlihat antusias mengunjungi stan-stan buah tersebut. Selain durian, juga ada kontes buah alpukat unggulan. Diikuti 18 peserta.

“Tujuan kontes ini untuk mencari buah varietas unggulan lokal yang akan disertifikasi. Nanti pemenangnya akan diberi nama oleh Penjabat (Pj) Bupati Batang,” ujar Susilo Heru Yuwono, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) Kabupaten Batang.

Durian-durian ini memiliki nama-nama unik, seperti Bodrek, KW, Milky, Sasak, Cempli, Sarjo dan lainnya. Ukurannya beragam. Namun mayoritas memiliki ukuran yang kecil. Bentuknya juga beraneka ragam, bulat sempurna, lonjong, tidak beraturan hingga montok.

Hal ini sejalan dengan keinginan Dispaperta yang sedang membuat tren durian ramah di kantong dan cocok di lidah. Sehingga seluruh kalangan bisa menikmati durian enak dengan harga terjangkau.

“Setelah tadi mencicipi beberapa jenis, ternyata durian lokal Kabupaten Batang rasanya enak, manis, dan legit. Tidak kalah dengan durian luar,” kata Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki.

Salah satu peserta Yanu Andria membawa durian bodrek untuk dilombakan. Jenis ini hanya memiliki satu pohon saja, usianya sekitar 70 tahun. Ukuran buahnya tidak terlalu besar. Sesuai namanya, durian ini memiliki rasa pahit yang kuat berpadu dengan manis. Sehingga penikmatnya biasanya tidak kuat makan banyak.

“Kalau pernah minum obat sakit kepala, masih di mulut belum dikasih air nah itu rasanya kaya gitu. Pait panjang, makan dua pongge langsung klenger. Harganya Rp 40 ribuan,” ucap warga asal Kecamatan Pecalungan, itu. (yan/zal)

Reporter:

Riyan Fadli

Adblock test (Why?)


Festival Buah Batang, Pamerkan 28 Jenis Durian Lokal - RADAR SEMARANG
Read More

No comments:

Post a Comment

Anak Buah SBY Bawa Pesan Jelang Anas Urbaningrum Bebas: Mulailah Hidup Baru yang Lebih Baik - Tribun Bali

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Anak buah Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) di Partai Demokrat , Andi Arief memberikan pesan khusus pada Anas...