Rechercher dans ce blog

Friday, February 24, 2023

Konsumsi 7 Buah Ini untuk Bersihkan Paru-paru agar Tetap Sehat - detikFood

Jakarta -

Mengonsumsi beberapa jenis buah tertentu secara rutin dapat menyehatkan paru-paru. Salah satunya membersihkan organ pernapasan tersebut. Ini daftar buah tersebut.

Menjaga kesehatan paru-paru penting dilakukan, terutama membuatnya tetap bersih. Jika paru-paru terpapar polusi dari udara yang kotor seperti asap rokok dan polusi udara, hal ini dapat menyebabkan paru-paru menjadi kotor.

Paru-paru akan mendapat manfaat dari diet seimbang yang penuh dengan nutrisi, vitamin, dan mineral, yang bisa dengan mudah didapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan. Dengan ini, Anda bisa melindungi kesehatan paru-paru dan mengurangi risiko atau gejala penyakit terkait paru-paru, seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Melansir berbagai sumber, berikut sejumlah buah yang bisa membersihkan paru-paru:

1. Apel

Melansir Healthline, penelitian telah menunjukkan bahwa makan apel secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa asupan apel dikaitkan dengan penurunan fungsi paru-paru yang lebih lambat pada mantan perokok.

Selain itu, mengonsumsi lima atau lebih apel per minggu dikaitkan dengan fungsi paru-paru yang lebih baik dan penurunan risiko PPOK. Mengonsumsi apel juga dikaitkan dengan penurunan risiko asma dan kanker paru-paru. Hal ini mungkin dikarenakan tingginya konsentrasi antioksidan dalam apel, termasuk flavonoid dan vitamin C.

2. Labu kuning

Labu Kuning Favorit Nabi Muhammad SAW, Bisa Obati Covid-19?Foto: iStock

Daging buah labu kuning yang berwarna cerah mengandung berbagai senyawa tanaman yang meningkatkan kesehatan paru-paru. Senyawa ini sangat kaya akan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang semuanya memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat.

Sementara, studi menunjukkan bahwa memiliki kadar karotenoid dalam darah yang lebih tinggi dikaitkan dengan fungsi paru-paru yang lebih baik pada populasi yang lebih tua dan lebih muda.

Orang yang merokok dapat memperoleh manfaat secara signifikan dari mengonsumsi lebih banyak makanan kaya karotenoid seperti labu kuning. Bukti menunjukkan bahwa perokok mungkin memiliki konsentrasi antioksidan karotenoid 25 persen lebih rendah daripada mereka yang bukan perokok, yang dapat membahayakan kesehatan paru-paru.

3. Tomat

Tomat merupakan salah satu sumber makanan terkaya lycopene, antioksidan karotenoid yang dikaitkan dengan peningkatan kesehatan paru-paru. Pasalnya, mengonsumsi produk tomat telah terbukti mengurangi peradangan saluran napas pada penderita asma dan meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita PPOK.

Sebuah studi tahun 2019 pada 105 orang penderita asma menunjukkan bahwa diet kaya tomat dikaitkan dengan prevalensi asma yang lebih rendah. Terlebih, asupan tomat juga dikaitkan dengan penurunan fungsi paru-paru yang lebih lambat pada mantan perokok.

4. Buah beri

White bowl filled with fresh mixed organic berries on blue garden table. Some berries are scattered outside the bowl. DSRL studio photo taken with Canon EOS 5D Mk II and Canon EF 100mm f/2.8L Macro IS USMFoto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital

Buah beri seperti stroberi, blueberry, dan blackberry, kaya dengan nutrisi. Mengonsumsi jenis buah ini dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk melindungi dan menjaga fungsi paru-paru. Buah beri adalah sumber antosianin yang kaya, termasuk malvidin, cyanidin, peonidin, delphinidin, dan petunidin.

Antosianin merupakan pigmen kuat yang telah terbukti melindungi jaringan paru-paru dari kerusakan oksidatif.

Sebuah studi pada 839 veteran menemukan bahwa mengonsumsi 2 atau lebih porsi blueberry per minggu memperlambat penurunan fungsi paru-paru hingga 38 persen, dibandingkan dengan asupan blueberry yang rendah atau tidak sama sekali.

5. Buah sitrus

Mengonsumsi buah sitrus seperti lemon, limau, limau gedang, dan jeruk adalah cara yang bagus untuk mendetoksifikasi paru-paru. Kandungan vitamin C yang tinggi dari jenis buah ini dapat membantu melindungi paru-paru dari asma bagi orang dewasa dan kerusakan akibat radikal bebas yang terkait dengan merokok dan polusi udara.

Buah apa lagi yang bermanfaat untuk bersihkan paru-paru? Lihat artikel selengkapnya DI SINI.

Simak Video "Bikin Laper: Bebek Peking-Sup Kepala Salmon di Gading Serpong"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Adblock test (Why?)


Konsumsi 7 Buah Ini untuk Bersihkan Paru-paru agar Tetap Sehat - detikFood
Read More

No comments:

Post a Comment

Anak Buah SBY Bawa Pesan Jelang Anas Urbaningrum Bebas: Mulailah Hidup Baru yang Lebih Baik - Tribun Bali

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Anak buah Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) di Partai Demokrat , Andi Arief memberikan pesan khusus pada Anas...