Rechercher dans ce blog

Wednesday, January 11, 2023

7 Manfaat Buah Carica untuk Kesehatan, Tingkatkan Imun hingga Kesehatan Mata | merdeka.com - Merdeka.com

Rabu, 11 Januari 2023 17:53 Reporter : Ayu Isti
7 Manfaat Buah Carica untuk Kesehatan, Tingkatkan Imun hingga Kesehatan Mata Buah Carica. ©2020 liputan6.com

Merdeka.com - Sebagian dari Anda, tentu sudah mengenal camilan oleh-oleh khas Wonosobo, carica. Ini adalah manisan buah pepaya muda berwarna kuning yang disajikan dengan kuah segar. Manisan carica ini memiliki cita rasa manis dengan tekstur buah yang empuk nan lezat.

Ternyata, bukan sembarang buah pepaya muda, carica adalah jenis pepaya yang tumbuh pegunungan atau dataran tinggi. Tidak heran, jika buah ini juga kerap disebut dengan pepaya gunung. Jika dibandingkan dengan pepaya pada umumnya, carica memiliki tampilan yang berbeda, yaitu bentuk bulat dan bergelombang di setiap sisinya, hampir mirip gelombang buah labu.

taboola mid article

Di balik rasa lezat dan bentuknya yang unik, carica mengandung berbagai manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Manfaat buah carica dikatakan dapat meningkatkan imunitas tubuh, melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit, hingga menjaga kesehatan mata.

Bukan hanya itu, manfaat buah carica juga dikatakan efektif mengontrol tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, hingga mencegah kanker. Bagi Anda yang ingin memulai hidup sehat, konsumsi buah carica bisa menjadi salah satu pilihan. Terutama bagi Anda yang tinggal di daerah dataran tinggi dengan produksi buah carica yang melimpah.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat buat carica untuk kesehatan bisa Anda simak.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Carica: Meningkatkan Imun, Melancarkan Pencernaan, Menjaga Kesehatan Mata

Meningkatkan Imun

Manfaat buah carica untuk kesehatan yang pertama dapat meningkatkan imun. Dalam hal ini, carica memiliki kandungan vitamin C tinggi yang berperan penting dalam melindungi tubuh dari berbagai serangan infeksi. Selain itu, vitamin ini bekerja sebagai antioksidan yang dapat menangkal berbagai risiko radikal bebas yang dapat memicu kerusakan pada tubuh. Bukan hanya itu, kandungan ini juga dapat meredakan berbagai peradangan akibat radikal bebas.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat buah carica berikutnya dapat melancarkan pencernaan. Buah carica terkenal dengan kandungan serat cukup tinggi yang dapat membantu melancarkan fungsi pencernaan. Kandungan ini secara efektif mampu melunakkan tinja dan mempercepat prosesnya dalam usus untuk dikeluarkan dari tubuh. Tak heran jika buah ini menjadi obat alami untuk mengatasi masalah sembelit.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah carica juga dapat menjaga kesehatan mata. Manfaat ini didapatkan dari kandungan vitamin A dan E yang terdapat di dalamnya. Dalam hal ini, vitamin A dapat membantu menjernihkan kornea mata dan meningkatkan fungsinya untuk melihat di lingkungan redup.

Sementara vitamin E dapat bekerja menjaga kesehatan mata secara keseluruhan. Sebab, kandungan ini termasuk jenis antioksidan yang dapat melindungi sel mata dari berbagai risiko kerusakan. Konsumsi vitamin A dan E bahkan dianjurkan bagi beberapa penderita gangguan mata seperti rabun senja, katarak, dan degenerasi makula.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Carica: Mengontrol Tekanan Darah, Mengontrol Kolesterol

Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat buah carica selanjutnya dapat mengontrol tekanan darah secara efektif. Manfaat ini didapatkan dari kandungan kalium di dalamnya yang mampu mengurangi ketegangan di pembuluh darah. Ini perlu dilakukan untuk memastikan tekanan darah dalam tubuh tetap stabil.

Jika tidak, tekanan darah yang tak stabil dapat memicu berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung dan stroke. Tidak heran, bagi penderita penyakit jantung dan stroke disarankan untuk mencukupi asupan kalium dengan cukup agar berbagai gejala lebih terkendali

Mengontrol Kolesterol

Manfaat buah carica juga dapat mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Lagi-lagi ini didapatkan dari kandungan serat pada buah carica, di mana kandungan ini mampu mengontrol kadar kolesterol pada tubuh dengan baik.

Tentu, bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan berkaitan dengan kolesterol, konsumsi buah carica bisa menjadi salah satu pilihan. Meski begitu, Anda juga harus mengimbangi dengan gaya hidup sehat dengan berhenti merokok, olahraga rutin, konsumsi makanan sehat dan mengurangi makanan dengan kandungan lemak jenuh dan lemak trans tinggi.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Carica: Menjaga Kesehatan Tulang, Mencegah Kanker

Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan tulang juga termasuk salah satu manfaat buah carica untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Manfaat ini tidak lain didapatkan dari kandungan kalsium dan fosfor pada buah carica. Kandungan ini memang dibutuhkan tubuh untuk mendukung pertumbuhan tulang, serta meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

Jika dua asupan ini dipenuhi dengan cukup, maka dapat melindungi tulang Anda dari berbagai risiko penyakit. Dengan begitu, buah carica baik dikonsumsi sejak Anda masih muda untuk mencegah beragam penyakit di usia senja kelak.

Mencegah Kanker

Manfaat buah carica untuk kesehatan yang terakhir namun tak kalah penting adalah dapat membantu mencegah kanker. Dalam hal ini, buah carica mengandung beta karoten, yaitu jenis antioksidan yang dapat menangkal efek radikal bebas secara efektif, termasuk penyakit kanker yang menjadi salah satu risikonya.

Meski begitu, penelitian tentang hal ini masih terbatas sehingga masih dibutuhkan studi lanjutan untuk memperkuat pernyataan tersebut. Namun, tak ada salahnya Anda mengonsumsi buah carica karena akan mendapatkan beragam nutrisi lengkap dan berbagai manfaat kesehatan lainnya yang penting untuk tubuh.

[ayi]

Adblock test (Why?)


7 Manfaat Buah Carica untuk Kesehatan, Tingkatkan Imun hingga Kesehatan Mata | merdeka.com - Merdeka.com
Read More

No comments:

Post a Comment

Anak Buah SBY Bawa Pesan Jelang Anas Urbaningrum Bebas: Mulailah Hidup Baru yang Lebih Baik - Tribun Bali

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Anak buah Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) di Partai Demokrat , Andi Arief memberikan pesan khusus pada Anas...