Rechercher dans ce blog

Tuesday, January 17, 2023

Berikan Efek Halusinasi, Berikut 7 Fakta Lengkap Buah Kecubung - SuaraPurwokerto

PURWOKERTO.SUARA.COM- Tahukah kamu buah kecubung  bisa menimbulkan efek halusinasi? Buah kecubung atau Datura metel adalah bagian dari famili Solanaceae dan genus Datura. 

Buah berbahaya ini memiliki bentuk bunga yang khas seperti terompet dengan warna putih dan pertama kali dikenalkan sekitar tahun 1754, oleh seorang ilmuwan yang bernama Linnaeus. Selain itu, tanaman ini dijuluki sebagai terompet setan, hal ini disebabkan lantaran jika seseorang memakan buahnya akan menimbulkan efek halusinasi. 

Lalu, apa saja efek samping dari mengonsumsi buah kecubung? Apakah jenis tanamanan ini tak memiliki manfaat sama sekali? Berikut fakta lengkap mengenai buah kecubung:

1. Tanaman kecubung terdiri dari berbagai spesies

Baca Juga:Dear Venna Melinda, Isi Surat Ferry Irawan dari Balik Tahanan Bikin Terenyuh

Bunga trompet merupakan sebutan tumbuhan berbunga dari genus Brugmansia tersebut. Tanaman ini masih memiliki hubungan kerabat dengan kecubung (Datura metel), akan tetapi jenisnya beda-berbeda, di antaranya:

- Bunga trompet merah atau Brugmansia sanguinea 
- Bunga trompet putih atau Brugmansia suaveolens 
- Bunga trompet emas atau Brugmansia aurea.

2. Bunga berbentuk terompet

Tumbuhan beracun ini termasuk ke dalam jenis tumbuhan semak yang bisa hidup dengan ukuran yang cukup besar. Tingginya bahkan bisa mencapai 8 meter. Bagian yang paling menarik dari tumbuhan tersebut, tentu saja bunganya yang berbentuk menyerupai trompet panjang.  

Ukuran dari bunganya sendiri cukup besar. Panjangnya bisa mencapai hingga 50 cm dengan lebar kelopak mencapai 30 cm saat mekar. Ketika bermekaran, nunga terompet tentu sangat cantik serta mempunyai beragam warna. Seperti putih, ungu, merah dan lainnya.

Baca Juga:Temui Menpora, APPI Berharap Liga 2 dan 3 Bergulir Lagi

3. Buah kecubung sebabkan halusinasi

Buah kecubung yang berbentuk bulat berduri dan berwarna hijau memiliki efek negatif. Jika seseorang mengonsumsi buah kecubung ia akan halusinasi dan euforia atau merasa gembira sesaat. Hal disebabkan karena buah kecubung termasuk dalam jenis tanaman opioid seperti ganja dan juga katinon.

Selain halusinasi, orang yang memakan buah ini juga dapat merasakan pusing yang berkepanjangan hingga muntah-muntah. Efek ini akan bertahan lama sesuai dengan jumlah buah kecubung yang dikonsumsi.

4. Dijuluki The Devil's Breath

Saking bahayanya, buah kecubung mendapat julukan "The Devil's Breath" atau dalam bahasa Indonesia efek "napas setan". Hal ini lantaran kecubung mengandung zat yang berbahaya bernama skopolamin.

Seseorang yang mengonsumsi zat ini tubuhnya akan merasakan efek seperti zombi. Zat ini terbilang cukup berbahaya terutama jika dikonsumsi dalam jumlah atau dosis tinggi, karena dapat menyebabkan merusak-nya daya ingat bahkan menimbulkan kematian.

5. Mengganggu fungsi syaraf

Mengonsumsi buah kecubung dalam waktu yang lama dan jumlah yang banyak, bisa memengaruhi sistem saraf pusat. Karena buah ini memiliki efek katinona, yaitu semacam zat stimulan untuk sistem saraf pusat yang berfungsi sebagai club drug atau party drug.

Kandungan zat berbahaya tersebut dapat membuat seseorang merasa sangat senang dan gembira yang begitu tinggi. Sebab zat yang ada di dalamnya dapat merangsang ujung-ujung saraf kegembiraan.

6. Efek pengering

Berdasarkan penelitian, buah kecubung mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan efek pengeringan. Sebab itulah buah ini juga bisa memengaruhi kinerja otak dan jantung.

7. Hukum halal atau haramnya buah kecubung

Berdasarkan efek yang ditimbulkan, BNN mengategorikan kecubung sebagai 15 golongan tanaman berbahaya dan masuk golongan jenis narkotika. Keputusan ini sesuai dengan usulan Kementerian Kesehatan.

Menurut beberapa ulama Indonesia, buah kecubung termasuk jenis makanan yang haram. Karena terdapat zat yang memiliki efek berbahaya bagi tubuh seperti narkotika. Meskipun di dalam Al-Quran tidak dijelaskan mengenai buah kecubung, namun Al-Quran menegaskan bahwa setiap yang memabukkan hukumnya adalah haram.

Loading...

Adblock test (Why?)


Berikan Efek Halusinasi, Berikut 7 Fakta Lengkap Buah Kecubung - SuaraPurwokerto
Read More

No comments:

Post a Comment

Anak Buah SBY Bawa Pesan Jelang Anas Urbaningrum Bebas: Mulailah Hidup Baru yang Lebih Baik - Tribun Bali

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Anak buah Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) di Partai Demokrat , Andi Arief memberikan pesan khusus pada Anas...