Rechercher dans ce blog

Tuesday, February 28, 2023

Buah Zaqqum Makanan Penghuni Neraka, Seperti Apa Gambarannya? - detikcom

Jakarta - Beberapa dalil dalam Al-Qur'an dan hadits menjelaskan tentang pohon dan buah zaqqum. Ini disebutkan sebagai makanan para penghuni neraka.

Surga dan neraka adalah tempat balasan yang kekal. Para penghuninya berada dalam keabadian. Semua ditempatkan sesuai dengan amal perbuatannya selama di dunia.

Di surga, Allah SWT menjanjikan banyak kenikmatan, termasuk dalam hal makanan. Lain halnya dengan di neraka, setiap penghuninya disediakan makanan dan minuman yang mengerikan, salah satunya buah zaqqum.

Pohon zaqqum menjadi siksaan bagi para penghuni neraka. Dalam Al-Qur'an surat As-Saffat ayat 62-66, Allah SWT berfirman tentang buah zaqqum:

أَذَٰلِكَ خَيْرٌ نُّزُلًا أَمْ شَجَرَةُ ٱلزَّقُّومِ إِنَّا جَعَلْنَٰهَا فِتْنَةً لِّلظَّٰلِمِينَ إِنَّهَا شَجَرَةٌ تَخْرُجُ فِىٓ أَصْلِ ٱلْجَحِيمِ طَلْعُهَا كَأَنَّهُۥ رُءُوسُ ٱلشَّيَٰطِينِ فَإِنَّهُمْ لَءَاكِلُونَ مِنْهَا فَمَالِـُٔونَ مِنْهَا ٱلْبُطُونَ

Artinya: (Makanan surga) itukah hidangan yang lebih baik ataukah pohon zaqqum. Sesungguhnya Kami menjadikan pohon zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang yang zalim. Sesungguhnya dia adalah sebatang pohon yang ke luar dan dasar neraka yang menyala. Mayangnya seperti kepala syaitan-syaitan. Maka sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu, maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum itu.

Gambaran Pohon & Buah Zaqqum

Roidah Bakri dalam bukunya yang berjudul Neraka: Gambaran Neraka menurut Al-Qur'an dan Hadits menjelaskan gambaran pohon serta buah zaqqum. Makanan ini sangat mengerikan dan sama sekali tidak membawa kenikmatan, melainkan siksaan bagi penghuni neraka.

Zaqqum adalah pohon di neraka yang buahnya menjadi makanan penghuni neraka. Jika pohon ini diletakkan di dunia, maka bisa menghancurkan bumi beserta isinya.

Ketika dimakan rasanya akan seperti logam kuningan yang dicairkan, bahkan lebih buruk. Buah tersebut akan membakar wajah beserta organ dalam tubuh manusia. Penghuni neraka akan selalu lapar, mereka akan selalu tergesa-gesa ke dasar neraka, untuk memakan apa pun yang dapat mereka temukan.

Di dasar neraka ini mereka akan dipaksa memakan buah dari pohon Zaqqum. Bahkan sebelum disentuh pun, bibir mereka akan terbakar sehingga nampaklah gigi mereka. Tidak hanya itu, mereka akan menelan duri yang akan merobekkan kerongkongan setelah buah itu ditelan. Sebelum buah itu sampai ke perut, buah itu akan membakar dan mengeluarkan isi perut.

Dalam buku Neraka yang ditulis Mahir Ahmad Ash-Syufiy, dijelaskan bahwa para penghuni neraka akan merasakan perut yang sangat lapar sehingga orang-orang kafir itu terpaksa memakan buah zaqqum.

Di antara mereka ada yang memenuhi perutnya dengan buah iu karena memang itulah makanan dan buah bagi mereka, sangat berbeda dengan rezeki para penghuni surga.

Dalam sebuah hadits disebutkan, "Seandainya sepotong (setitik) buah zaqqum itu dijatuhkan ke laut dunia, niscaya akan merusak kehidupan manusia." (HR Tirmidzi)

Selain buah zaqqum, di sebutkan pula bahwa di neraka terdapat minuman bagi penghuni neraka. Sebagaimana Allah SWT telah jelaskan dalam surat As-Saffat ayat 67:
ثُمَّ إِنَّ لَهُمْ عَلَيْهَا لَشَوْبًا مِّنْ حَمِيمٍ

Artinya: Kemudian sesudah makan buah pohon zaqqum itu pasti mereka mendapat minuman yang bercampur dengan air yang sangat panas.

Air yang sangat panas ini disebut hamim. Menurut Abu As-Su'ud, zaqqum dan hamim dihidangkan terlebih dulu sebelum mereka memasuki neraka.

Para sahabat Rasulullah SAW yang lain juga menafsirkan ayat yang menyebutkan makanan penghuni neraka. Di antara mereka adalah Ibnu Abbas. la menafsirkan zaqqum adalah pohon yang tumbuh dari dasar neraka saqar.

Diriwayatkan pula dari Hasan bahwa akar pohon zaqqum itu berada di neraka, sedangkan cabang-cabangnya berada di tingkat neraka yang lain atau yang berada di atasnya.

Salam bin Masakin juga mengatakan bahwa ia pernah mendengar bahwa Hasan membaca ayat yang berarti (Sungguh pobon
zaqqum itu makanan bagi orang yang banyak dosa), lalu ia (Hasan) berkata, "Di atas pohon zaqqum telah dikumpulkan neraka."

Mughirah mengatakan bahwa menurut Ibrahim dan Abu Razin, makna ayat (Seperti cairan tembaga yang mendidih di dalam perut) adalah pohon yang mendidih.
Sedangkan, menurut Ja'far bin Sulaiman-menukil pendapat Abu Imran Al-Jauni yang dimaksud ayat ini bahwa pohon itu menggigit di dalam perut penghuni neraka,
sebagaimana ia juga menggigitnya.

Itulah gambaran tentang makanan dan minuman di neraka, termasuk di dalamnya buah zaqqum dan air yang mendidih.

Wallahu a'lam.

Simak Video "Dokter Sarankan Masyarakat Hijrah Konsumsi ke Makanan Rebus-rebusan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/erd)

Adblock test (Why?)


Buah Zaqqum Makanan Penghuni Neraka, Seperti Apa Gambarannya? - detikcom
Read More

No comments:

Post a Comment

Anak Buah SBY Bawa Pesan Jelang Anas Urbaningrum Bebas: Mulailah Hidup Baru yang Lebih Baik - Tribun Bali

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Anak buah Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) di Partai Demokrat , Andi Arief memberikan pesan khusus pada Anas...