Rechercher dans ce blog

Wednesday, March 22, 2023

6 Buah yang Disebut dalam Alquran Ini Punya Manfaat Hebat - detikFood

Jakarta -

Alquran mencantumkan beberapa nama tanaman dan buah karena keistimewaannya. Buah dan tanaman ini secara ilmiah juga terbukti menyehatkan saat dikonsumsi. Seperti apa manfaatnya?

Umumnya, tanaman yang disebutkan dalam Alquran menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi. Menariknya, sebagian besar tanaman-tanaman tersebut bisa ditanam di sekitar rumah.

Berikut tujuh tanaman yang disebut dalam Alquran dan bermanfaat bagi tubuh:

1. Buah delima

Sliced pomegranate on cutting board with knife and whole pomegranate behind. Shot with shallow focus on sliced fruit.delima Foto: Getty Images/pjohnson1

Buah delima menjadi salah satu buah yang cukup sering disebutkan dalam Alquran. Buah berwarna merah ini disebutkan dalam Alquran sebanyak tiga kali, yakni dalam surat Al-An'am ayat 99 dan 141 serta surat Ar-Rahman ayat 68.

"Dialah yang menjadikan tanaman-tanaman yang merambat dan yang tidak merambat, pohon kurma, tanaman yang beraneka ragam rasanya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak serupa (rasanya). Makanlah buahnya apabila ia berbuah dan berikanlah haknya (zakatnya) pada waktu memetik hasilnya, tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan," sebut firman Allah SWT dalam surat Al-An'am ayat 99.

Buah delima dikenal mengandung banyak mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, yakni protein, karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin B kompleks, folat, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu, delima juga memiliki kandungan polifenol yang kaya antioksidan.

Buah yang menjadi bagian dari kelompok berry ini bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, kanker, penyakit radang sendi, dan menekan kadar kolesterol jahat.

2. Buah kurma

Minum kopi ditemani makan kurmakurma Foto: Getty Images/iStockphoto

Buah kurma juga termasuk buah yang disebut dalam Alquran. Kurma identik dengan bulan Ramadan karena disajikan sebagai takjil untuk berbuka puasa. Bahkan, kurma sering dikonsumsi Nabi Muhammad SAW sebagai obat herbal dan daya tahan tubuh.

Buah kurma disebutkan beberapa kali dalam Al-Quran, seperti dalam surat Al-An'am ayat 99, Ar-Rad ayat 4, An-Nahl ayat 67, dan Maryam ayat 25.
"Dan dari buah kurma dan anggur, kamu membuat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang mengerti," firman Allah dalam surat An-Nahl ayat 67.

Kurma mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia. Buah kurma muda juga baik dikonsumsi perempuan karena mengandung vitamin B yang dapat memperkuat persendian rahim. Selain itu, kurma juga mengandung mineral, seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

3. Pohon pisang

Pohon pisang juga termasuk salah satu tanaman yang tercantum dalam Alquran, yakni Surat Al-Waqiah ayat 29.

Pohon pisang atau Musa paradisiaca menghasilkan buah pisang yang dianggap sebagai pohon surga. Buah yang cukup mengenyangkan ini juga dikenal sebagai makanan filsuf karena saat dikonsumsi, pisang dapat mengaktifkan kembali pikiran dan merangsang memori seseorang.

Simak Video "Bikin Laper: Gurame Bakar Antimainstream, Pakai Saus dan Taburan Kurma"
[Gambas:Video 20detik]

Adblock test (Why?)


6 Buah yang Disebut dalam Alquran Ini Punya Manfaat Hebat - detikFood
Read More

No comments:

Post a Comment

Anak Buah SBY Bawa Pesan Jelang Anas Urbaningrum Bebas: Mulailah Hidup Baru yang Lebih Baik - Tribun Bali

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Anak buah Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) di Partai Demokrat , Andi Arief memberikan pesan khusus pada Anas...