Rechercher dans ce blog

Thursday, January 26, 2023

9 Manfaat Biji Rambutan yang Kaya Antioksidan, Ketahui Kandungan Nutrisi Lainnya - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Selain buahnya, ternyata biji rambutan juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang baik bagi tubuh. Seperti jenis tumbuhan lain, biji rambutan memiliki peran penting dalam proses perkembangbiakan tumbuhan. Biji rambutan merupakan benih yang digunakan untuk menumbuhkan pohon rambutan baru. Manfaat biji rambutan dapat dirasakan dengan cara dikonsumsi dalam bentuk minuman. Biji rambutan biasanya dikeringkan dengan cara dijemur atau disangrai kemudian diseduh dengan air panas.

Manfaat biji rambutan diklaim dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Sayangnya, belum ada penelitian mendalam tentang biji rambutan sebagai sumber nutrisi yang baik bagi manusia, di sisi lain juga belum ditemukan kasus gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh konsumsi biji rambutan.

Manfaat biji rambutan bagi kesehatan memang masih memerlukan pengkajian secara mendalam. Namun, tidak ada salahnya mengetahui manfaat biji rambutan yang diklaim baik bagi kesehatan beserta kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Berikut ulasan Liputan6.com tentang biji rambutan, Rabu (25/1/2023).

2 dari 5 halaman

Manfaat Biji Rambutan: Kandungan Nutrisi

Manfaat biji rambutan didapatkan dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, berikut kandungan yang ada pada biji rambutan. 

- Flavonoid

- Vitamin C 

- Vitamin B

- Tembaga

- Mangan

- Zat besi 

- Lemak

- Protein

- Serat

- Asam amino

- Asam lemak

3 dari 5 halaman

Manfaat Biji Rambutan

Manfaat biji rambutan adalah sumber nutrisi yang kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan. Berikut ini adalah beberapa manfaat biji rambutan.

1. Sumber Antioksidan

Manfaat biji rambutan yang pertama adalah sebagai sumber antioksidan tinggi. Biji rambutan mengandung antioksidan seperti flavonoid, asam lemak tak jenuh, dan vitamin C yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan ini juga dapat membantu dalam mencegah penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan degenerasi mata.

2. Mengatasi Masalah Pencernaan

Biji rambutan mengandung senyawa yang dapat memperkuat sistem pencernaan dan dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi diare. Biji rambutan juga mengandung senyawa yang dapat meningkatkan produksi lendir di usus halus, yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.

3. Mencegah Kanker

Manfaat biji rambutan selanjutnya mengandung senyawa yang dapat membantu dalam mencegah pertumbuhan sel kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji rambutan dapat membantu dalam mencegah kanker prostat, kanker payudara, dan kanker paru-paru.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat biji rambutan juga diklaim dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung. Lemak tak jenuh berupa asam amino dan asam lemak pada biji rambutan dipercaya juga dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol darah dan tekanan darah.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Biji rambutan mengandung vitamin C yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah keriput. Vitamin C juga dapat membantu dalam meningkatkan produksi kolagen, yang merupakan protein penting yang membuat kulit tetap elastis dan kencang.

Biji rambutan juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti eksim, jerawat dan lain-lain. Biji rambutan juga dapat digunakan sebagai masker wajah untuk mencerahkan kulit dan mengurangi jerawat.

4 dari 5 halaman

Manfaat Biji Rambutan

6. Menjaga Kesehatan Sistem Syaraf

Biji rambutan mengandung vitamin B seperti niasin, tiamin, dan piridoksin yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan sistem saraf dan meningkatkan daya ingat. Vitamin B juga dapat membantu dalam meningkatkan metabolisme dan menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

7. Sumber Mineral

Biji rambutan juga mengandung mineral seperti tembaga, mangan, dan zat besi yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan tulang, darah, dan sistem kekebalan tubuh.

8. Membantu Menjaga Berat Badan Tetap Ideal 

Biji rambutan memiliki kandungan serat yang tinggi, yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan dan menurunkan berat badan.

9. Mengatasi Masalah Pada Ginjal

Biji rambutan juga memiliki sifat diuretik yang dapat membantu dalam mengatasi masalah pada ginjal dan mengeluarkan cairan yang tidak diinginkan dari tubuh.

5 dari 5 halaman

Manfaat Biji Rambutan: Efek Samping

Biji rambutan diklaim aman untuk dikonsumsi dan tidak memiliki efek samping yang signifikan jika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai. Namun, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap biji rambutan. Efek samping yang mungkin terjadi meliputi gatal-gatal, ruam, sakit kepala, dan sesak napas. Jika mengalami salah satu dari efek samping ini setelah mengonsumsi biji rambutan, segera berhenti mengonsumsi biji rambutan dan segera cari bantuan medis.

Selain itu, biji rambutan juga mengandung senyawa yang disebut saponin yang dapat menyebabkan diare jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengonsumsi biji rambutan dalam porsi yang sesuai. Jika sedang menjalani pengobatan medis atau memiliki masalah kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi biji rambutan.

Adblock test (Why?)


9 Manfaat Biji Rambutan yang Kaya Antioksidan, Ketahui Kandungan Nutrisi Lainnya - Liputan6.com
Read More

No comments:

Post a Comment

Anak Buah SBY Bawa Pesan Jelang Anas Urbaningrum Bebas: Mulailah Hidup Baru yang Lebih Baik - Tribun Bali

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Anak buah Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) di Partai Demokrat , Andi Arief memberikan pesan khusus pada Anas...