Rechercher dans ce blog

Friday, January 27, 2023

Segudang Manfaat Buah Rambutan, Bumil Wajib Tahu! - Indotnesia

Indotnesia - Rambutan adalah salah satu buah yang mudah ditemui di Indonesia. Selain rasanya, kandungan nutrisi pada rambutan bikin buah ini disukai masyarakat. 

Rambutan merupakan buah tropis yang banyak tumbuh di negara-negara Asia, seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, atau Sri Lanka. 

Bentuk buah ini mirip seperti leci. Hanya saja, kulit luarnya memiliki bulu-bulu yang menyerupai rambut sehingga dinamakan rambutan. 

Di Indonesia, ada berbagai jenis rambutan di antaranya rambutan ace, binjai, dan rapiah. Rasanya pun ada yang manis dan asam, tergantung tingkat kematangan dan jenisnya. 

Baca Juga:Sering Dianggap sebagai Tanaman Liar, Kenali Manfaat Ciplukan Bagi Kesehatan Tubuh

Selain itu, ternyata rambutan juga punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Melansir berbagai sumber, berikut manfaat buah rambutan.

1. Menjaga sistem pencernaan

Kandungan serat pada buah rambutan berguna untuk melancarkan sistem pencernaan dan proses pembuangan kotoran dalam tubuh. Karena itu, rambutan bermanfaat untuk mengatasi diare atau sembelit.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Rambutan mengandung vitamin A, C serta antioksidan yang berguna untuk menjaga daya tahan tubuh. Kandungan tersebut mampu meningkatkan imunitas sehingga tidak mudah terkena penyakit. 

Baca Juga:Memahami Apa Itu Dana Darurat, Manfaat, serta Cara Mempersiapkannya

3. Menjaga kesehatan jantung dan tulang

Kandungan kalium pada rambutan berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga tekanan darah tetap stabil, sehingga membantu memelihara kesehatan jantung.

Selain kalium, rambutan juga punya kandungan kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

4. Mencegah kanker

Kaya akan antioksidan, buah rambutan dipercaya sebagai penangkal radikal bebas dan dapat mencegah penyakit kanker.

5. Bermanfaat bagi ibu hamil

Buah rambutan ternyata juga punya banyak manfaat bagi ibu hamil dan janin. Di antara manfaat rambutan bagi bumil, yaitu kandungan zat besi pada rambutan dapat mencegah anemia. Kekurangan darah pada bumil bisa menimbulkan sejumlah masalah, seperti risiko lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, hingga kematian.

Kandungan zat besi juga berguna untuk menjaga hemoglobin bumil tetap normal serta menjaga sistem imunitas ibu dan janin.

Selain itu, buah rambutan juga bermanfaat untuk pembentukan tulang janin dan kekuatan tulang ibu karena mengandung kalsium. 

Demikian manfaat buah rambutan bagi kesehatan tubuh dan juga untuk ibu hamil dan janinnya.

Loading...

Adblock test (Why?)


Segudang Manfaat Buah Rambutan, Bumil Wajib Tahu! - Indotnesia
Read More

No comments:

Post a Comment

Anak Buah SBY Bawa Pesan Jelang Anas Urbaningrum Bebas: Mulailah Hidup Baru yang Lebih Baik - Tribun Bali

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Anak buah Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) di Partai Demokrat , Andi Arief memberikan pesan khusus pada Anas...