Rechercher dans ce blog

Tuesday, March 7, 2023

Konsumsi Buah Prune yang Berguna Sebagai Gula Alami - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Buah prune atau plum kering terkadang sering diremehkan. Padahal ternyata buah satu ini mengandung gula alami yang menjadi sumber energi dan baik untuk tubuh. Selain itu, yang terpenting adalah buah ini tidak menyebabkan peningkatan konsentrasi gula darah.

Melansir CNBC, Selasa (7/3/2023), prune paling dikenal sebagai obat bagi seseorang yang membutuhkan bantuan untuk kesehatan pencernaannya. Akan tetapi lebih dari itu, buat prune ini juga menjadi sumber energi yang baik dalam bentuk gula alami. Hebatnya lagi buah prune tidak menyebabkan peningkatan konsentrasi gula darah.

Dalam beberapa kasus, lonjakan gula darah dapat diikuti dengan penurunan gula darah, membuat Anda merasa lesu. Makanan rendah glisemik seperti plum dapat membantu memberi energi berkelanjutan tanpa mengalami gangguan setelahnya.

Meskipun tergantung pada ukuran buah plum itu sendiri, seorang ahli diet Lauren Manaker mengonsumsi buah prune sekitar 30 gram sehari, kira-kira tiga sampai empat buah plum.

Rahasia lainnya, makan plum setiap hari dapat membantu menjaga tulang tetap kuat seiring bertambahnya usia. Sebuah studi yang dilakukan pada 2022 dari American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa dosis harian 50 gram buah plum (lima hingga enam buah plum) dapat mencegah hilangnya kepadatan mineral tulang pinggul di antara wanita pascamenopause.

Ide Diet Sehat

Jus prune menjadi pilihan ketika Anda ingin mengonsumsi buah satu ini. Akan tetapi, Manaker menyarankan untuk menjaga ukuran porsi harian menjadi sekitar satu cangkir atau kurang.

Selain dibuat jus, berikut ini beberapa ide mengonsumsi buah prune yang bisa Anda coba ketika menjalani diet sehat.

2 dari 2 halaman

Ide Mengonsumsi Buah Prune

1. Tambahkan plum ke smoothie

Tambahkan plum ke dalam smoothies Anda jika membutuhkan tambahan rasa manis alami.

Untuk smoothie pagi yang berenergi, Manaker sendiri akan menambahkan empat buah prune yang diadu dengan satu pisang beku, 1/2 sendok makan kulit jeruk nipis, satu cangkir buah persik beku, 3/4 cangkir ceri beku yang diadu, dan 1/2 cangkir susu gandum.

2. Jadikan prune sebagai pengganti gula dalam makanan yang dipanggang

Campurkan 16 ons plum dengan 1/2 cangkir air hangat dalam blender, lalu haluskan hingga menjadi bubur. Anda dapat menggunakan pure untuk menggantikan 1/3 hingga 1/2 gula dalam resep.

Prune murni juga bisa digunakan sebagai pengganti telur atau lemak. Untuk mengganti satu telur besar, gunakan 1/4 cangkir puree. Sedangkan untuk mengurangi lemak, ganti setengah mentega atau minyak dalam resep dengan jumlah pure yang sama.

3. Celupkan plum ke dalam dark chocolate

Untuk makanan penutup yang kaya antioksidan dan serat, celupkan lima buah plum yang diadu ke dalam cokelat hitam leleh dan biarkan selama beberapa jam.

4. Tambahkan plum cincang ke salad ayam

Rasa manis yang mengejutkan yang ditambahkan plum ke salad ayam adalah cara mudah untuk mendandani hidangan unggas klasik. Cukup tambahkan plum cincang diadu ke resep salad ayam favorit Anda dan aduk rata.

Adblock test (Why?)


Konsumsi Buah Prune yang Berguna Sebagai Gula Alami - Liputan6.com
Read More

No comments:

Post a Comment

Anak Buah SBY Bawa Pesan Jelang Anas Urbaningrum Bebas: Mulailah Hidup Baru yang Lebih Baik - Tribun Bali

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Anak buah Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) di Partai Demokrat , Andi Arief memberikan pesan khusus pada Anas...