Rechercher dans ce blog

Saturday, April 8, 2023

6 Tips Memilih Buah Semangka Terbaik yang Manis dan Segar - Yoursay.ID

Dikenal sebagai buah yang menyegarkan dan mengandung banyak air, buah semangka menjadi santapan pencuci mulut di berbagai acara yang sering kali ditunggu-tunggu. Meskipun musim panas menjadi ladang untuk semangka lebih berkembang dan berbuah, buah ini juga tak kenal musim, jadi bisa didapatkan kapanpun kamu mau.

Memilih semangka yang sempurna untuk dibawa pulang seperti permainan tebak-tebakan dan bikin deg-degan nih. Nah, buat kamu yang ingin mendapatkan buah semangka yang terbaik, berikut ini beberapa tips memilih buah semangka yang manis dan segar untuk di bawa pulang, seperti dirangkum dari eagleeyeproduce, realsimple, fifteenspatulas.

BACA JUGA: 5 Cara Menyimpan Sayur dan Buah Supaya Tahan Lama, Tertarik Mencoba?

1. Tidak terpaku pada garis semangka

ilustrasi buah semangka (unsplash.com/olegivanovpht)
ilustrasi buah semangka (unsplash.com/olegivanovpht)

Rumor mengatakan bahwa ada korelasi antara kematangan semangka dan garis-garis yang muncul di kulit semangka, namun striping bukanlah indikator kematangan. Kenyataannya adalah beberapa varietas semangka bahkan tidak memiliki garis-garis pada kulit.

Tidak peduli bagaimana pola luarnya muncul, kamu selalu dapat menikmati semangka utuh secara keseluruhan.

2. Perhatikan warna pada semangka

ilustrasi buah semangka (unsplash.com/dagmara_rune)
ilustrasi buah semangka (unsplash.com/dagmara_rune)

Bagian luar semangka akan tampak sebagian besar berwarna hijau akan tetapi hijau bukan satu-satunya warna yang perlu dipertimbangkan saat berburu semangka. Salah satu cara untuk memastikan kamu memilih semangka yang sudah matang dan siap disajikan adalah dengan memeriksa bintik kekuningan pada kulitnya.

Dikenal sebagai bagian bawah semangka atau bintik tanah, ketidakkonsistenan pewarnaan ini terjadi di bagian bawah semangka karena posisinya sebelumnya saat masih tumbuh di pokok anggur. Menerima sinar matahari paling sedikit, pigmentasi kuning berkembang di sisi semangka yang langsung bersentuhan dengan tanah.

Jika titik dasarnya tampak terlalu terang atau bahkan putih, semangka mungkin kurang matang dan jika demikian, mungkin akan terasa lebih seperti mentimun. Maka dari itu memilih semangka dengan memperhatikan warna sisi bagian perut semangka berwarna kekuningan tandanya semangka sudah matang.

3. Periksa batangnya

ilustrasi semangkai bertangkai (unsplash.com/jdphotography)
ilustrasi semangkai bertangkai (unsplash.com/jdphotography)

Untuk memilih semangka yang memiliki waktu yang cukup untuk matang, kamu harus memeriksa batangnya kering dan berwarna kuning kecokelatan. Hal ini menandakan bahwa semangka sudah matang, sedangkan batang hijau mungkin menandakan bahwa semangka belum matang dan akan kekurangan rasa manis.

4. Ketuk buah semangka

ilustrasi wanita membeli semangka (unsplash.com/milada_vigerova)
ilustrasi wanita membeli semangka (unsplash.com/milada_vigerova)

Pertama, ketuk buah semangka dengan lembut dan dengarkan suaranya. Jika nada terdengar dalam dan hampa, buah tersebut memiliki lebih banyak air dan kemungkinan lebih matang. Sebaliknya, jika ketukan terdengar lebih tinggi dan lebih padat, itu mungkin menandakan bahwa kulit semangka terlalu tebal dan buah belum sepenuhnya matang ke kondisi optimalnya.

BACA JUGA: 5 Makanan Khas Kerinci, Nikmatnya Menggugah Selera

5. Terdapat bintik-bintik pelapukan

ilustrasi semangka terdapat bintik-bintik pelapukan (unsplash.com/iamromankraft)
ilustrasi semangka terdapat bintik-bintik pelapukan (unsplash.com/iamromankraft)

Bintik-bintik pelapukan kering dan garis anyaman seperti pembuluh darah adalah indikator bagus dari semangka yang manis. Bintik-bintik ini menunjukkan di mana gula telah merembes keluar dari buah. Jadi, pastikan untuk memeriksa semua sisi semangka sebelum membeli.

6. Pilih yang terberat untuk ukurannya

ilustrasi semangka bervolume besar (unsplash.com/artrachen)
ilustrasi semangka bervolume besar (unsplash.com/artrachen)

Saat diangkat, mereka akan terasa lebih berat dari yang terlihat. Semakin padat ukurannya, semakin tinggi kadar airnya, menghasilkan semangka yang lebih manis. Selain lebih manis, ini juga dapat menguntungkan karena semangka lebih besar dan padat.

Untuk mendapatkan buah semangka terbaik, kamu perlu mengikuti langkah-langkah dan tips yang ada untuk mengurangi kerugian ketika kamu membeli semangka. Kamu nggak usah main tebak-tebakan lagi deh!

Adblock test (Why?)


6 Tips Memilih Buah Semangka Terbaik yang Manis dan Segar - Yoursay.ID
Read More

No comments:

Post a Comment

Anak Buah SBY Bawa Pesan Jelang Anas Urbaningrum Bebas: Mulailah Hidup Baru yang Lebih Baik - Tribun Bali

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Anak buah Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) di Partai Demokrat , Andi Arief memberikan pesan khusus pada Anas...