Rechercher dans ce blog

Saturday, April 8, 2023

Ngabuburit Asyik di Kebun Melon Pekalongan Lur! Bisa Wisata Sambil Petik Buah - detikJateng

Pekalongan -

Bingung mau cari lokasi ngabuburit di Kabupaten Pekalongan? Nah, lokasi yang satu ini, bisa jadi rekomendasi untuk ngabuburit bahkan buka puasa dengan yang manis-manis.

Selain berwisata di kebun buah, bisa juga sebagai lokasi edukasi untuk anak-anak. Bahkan, Sedulur juga bisa memetik sendiri buah melon yang ditanam dengan sistem pertanian hidroponik ini.

Berada di Desa Pegaden, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan, tempat ini bernama Thole Farm and Garden. Di Thole Farm and Garden ini ada aneka tanaman yang ditanam dengan sistem hidroponik. Namun kali ini, detikJateng, akan mengajak berjalan-jalan di kebun melon premiumnya.

Ada dua green house yang masing-masing berukuran 45x12 meter. Di setiap green house ini, ada sembilan jenis melon premium. Dalam satu kotak ini juga memiliki 1,2 ribu tanaman buah melon premium.

Pada detikJateng, Kuswantoro selaku Tim Edukasi Thole Farm and Garden, mengatakan pihaknya sudah setahun lebih mengembangkan pertanian modern. Tanaman ini ditanam dengan sistem hidroponik dengan median polibag.

"Disini kebetulan menggunakan sistem tanam hidroponik, di mana hidroponik adalah teknologi pertanian modern yang sudah memakai pertanian presisi," ujar Kuswantoro saat ditemui di lokasi, Sabtu (8/4/2023).

Suasana Thole Farm and Garden Pekalongan. Cocok untuk wisata edukasi sekaligus ngabuburit di Kabupaten Pekalongan, Sabtu (8/4/2023).Suasana Thole Farm and Garden Pekalongan. Cocok untuk wisata edukasi sekaligus ngabuburit di Kabupaten Pekalongan, Sabtu (8/4/2023). Foto: Robby Bernardi/detikJateng

Dia menerangkan pola pertanian presisi itu meliputi pupuk, media tanam, hingga antisipasi hama. Semuanya akan dipantau sedemikian rupa hingga menghasilkan buah yang premium.

"Untuk tanaman melon premium, kita ada dua green house setiap green house berukuran 45x12 meter, ada sembilan jenis melon premium," ucapnya.

Beberapa melon premium ini, di antaranya Melon Guban, Melon Tajmahal, Melon Dalmatian, Melon Talent, Fujisawa, Adinda, Golden Kirani, M103 dan Inthanon. Dalam satu green house ini berisi seribuan tanaman buah melon premium.

"Satu green house 1.200 tanaman, untuk panen minimal 1,5 ton. Pemasaran biasanya ke and user (langsung pembeli). Dalam setahun kita empat kali panen, termasuk bulan puasa ini," terangnya.

Cek selengkapnya di halaman berikut.

Adblock test (Why?)


Ngabuburit Asyik di Kebun Melon Pekalongan Lur! Bisa Wisata Sambil Petik Buah - detikJateng
Read More

No comments:

Post a Comment

Anak Buah SBY Bawa Pesan Jelang Anas Urbaningrum Bebas: Mulailah Hidup Baru yang Lebih Baik - Tribun Bali

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Anak buah Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) di Partai Demokrat , Andi Arief memberikan pesan khusus pada Anas...