Rechercher dans ce blog

Saturday, March 25, 2023

Khasiat Hebat 6 Buah yang Disebut dalam Al-Qur'an - detikcom

Jakarta -

Tahukah detikers Al-Qur'an mencantumkan beberapa nama tanaman dan buah untuk dikonsumsi? Bahkan tanaman serta buah itu memiliki manfaat hebat.

Secara ilmiah, manfaat tanaman dan buah itu pun terbukti. Apa saja?

Berikut ini enam tanaman yang disebut dalam Al-Qur'ran seperti dikutip detikJabar dari detikFood:

1. Buah Delima

Pada buku 7 Buah-buahan Istimewa dalam Al-Qur'an dan Manfaatnya bagi Kesehatan Manusia oleh Hamid Sakti Wibowo, dijelaskan buah delima atau Punica Granatum dalam bahasa Perancis berarti apel unggulan.

Buah delima menjadi salah satu buah yang cukup sering disebutkan dalam Alquran. Buah berwarna merah ini disebutkan dalam Alquran sebanyak tiga kali, yakni dalam surat Al-An'am ayat 99 dan 141 serta surat Ar-Rahman ayat 68.

"Dialah yang menjadikan tanaman-tanaman yang merambat dan yang tidak merambat, pohon kurma, tanaman yang beraneka ragam rasanya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak serupa (rasanya). Makanlah buahnya apabila ia berbuah dan berikanlah haknya (zakatnya) pada waktu memetik hasilnya, tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan." (Al-An'am ayat 99)

Buah delima dikenal mengandung banyak mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, yakni protein, karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin B kompleks, folat, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu, delima juga memiliki kandungan polifenol yang kaya antioksidan.

Buah yang menjadi bagian dari kelompok berry ini bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, menekan kadar gula darah dan kolesterol jahat, dan masih banyak lagi.

Selain itu, khasiat buah delima bagi kesehatan juga disebutkan dalam hadits yang berbunyi:

"Makanlah buah delima dengan lemaknya, karena buah ini dapat mencuci lambung." (HR Ali bin Abi Thalib)

2. Buah Tin

Buah tin tergolong istimewa. Buah ini juga menjadi nama surat. Buah tin disebut dalam surat At-Tin ayat pertama.

"Demi (buah) tin dan (buah) zaitun. Dan demi bukit sinai dan negeri yang aman ini. Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya." (Surat At-Tin ayat 1-3)

Serupa dengan pohon pisang, buah tin juga dijuluki buah surga. Buah yang memiliki nama latin Ficus carica ini memiliki kandungan serat, protein, kalsium, magnesium, sosfor, kalium, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, tembaga, dan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, mencegah perkembangan sel kanker, hingga menjaga kesehatan kulit.

3. Pohon Zaitun

Pohon zaitun merupakan salah satu tanaman yang tercatat di dalam Al-Qur'an dan godaan syaitan, karena pohon zaitun ditakuti oleh jin. Sebagaimana Allah SWT berfirman:

"Demi buah tin dan buah zaitun. Dan demi bukit sinai dan negeri yang aman ini. Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya." (Surat At-Tin ayat 1-3)

Sementara itu, minyak zaitun adalah minyak yang keluar dari tanaman zaitun karena Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Makanlah minyak zaitun! Sesungguhnya ia diberkahi berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya! Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi." (HR. Ahmad & Tirmidzi)

Manfaat buah zaitun juga dijelaskan dalam buku karangan Hamid Sakti Wibowo, bahwa khasiatnya bagi tubuh yakni mengobati anemia, mencegah obesitas, serta menjaga kesehatan mata.

Adblock test (Why?)


Khasiat Hebat 6 Buah yang Disebut dalam Al-Qur'an - detikcom
Read More

No comments:

Post a Comment

Anak Buah SBY Bawa Pesan Jelang Anas Urbaningrum Bebas: Mulailah Hidup Baru yang Lebih Baik - Tribun Bali

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Anak buah Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) di Partai Demokrat , Andi Arief memberikan pesan khusus pada Anas...